Info Sekolah
Friday, 26 Jul 2024
  • ASSHAFA ISLAMIC SCHOOL Membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024-2025

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Tuesday, 11 July 2017 Oleh : karnogp007

Bagi Anda yang membangun keluarga untuk bisa harmonis, harus saling besinergi antara suami dan istri. Membangun keluarga harmonis dengan cara memperbaiki hubungan, komunikasi dari suami dan istri. Dan yang paling penting sama-sama bisa tahu cara mendidik anak menurut Islam.

Anak yang baik adalah anak yang dididik oleh orang tua yang baik pula. Dengan berbagai kebiasaan orang tua yang baik akan mengajarkan anak lebih aktif dalam berakhlak mulia. Sesuai dengan kisah tauladan dari Rasulullah untuk selalu berbuat baik dengan siapapun. Anak akan memiliki akhlak yang baik sesuai dengan Islam.

Menurut Islam ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam mendidik anak di dalam keluarga. Maka bagi Anda yang ingin memiliki anak yang sholeh harus tahu cara-cara tentang hal ini. Berikut ini ada beberapa yang harus Anda ketahui tentang cara mendidik anak dengan baik dan efektif.

Dalam mendidik anak keluarga harus berperan aktif dalam hal ini, dan mampu mengarahkan anak pada hal kebaikan. Anda sebagai ayah dan ibu harus banyak mengajarkan anak tentang tata cara beribadah. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara mendidik anak menurut Islam yang perlu Anda tahu.

1. Mengenalkan Dan Mendidik Anak Tentang Tauhid

Cara mendidik anak menurut Islam yang pertama adalah dengan mengenalkan dan mendidik anak tentang tauhid. Anak dengan usia umur tiga tahun, ajarilah untuk menyebutkan kata “Laila ha illallah” sebanyak tujuh kali. Kemudian ketika berumur tiga tahun lebih tujuh bulan ajarkan dengan mengenal nama Muhammmad.

2. Mendidik Anak Dalam Menjalankan Shalat 5 Waktu

Untuk selanjutnya, Anda ajarkan anak ketika berumur tujuh tahun untuk melaksanakan shalat lima waktu secara istiqomah. Ajarkan bacaan-bacaan shalat, dan kemudian berilah hadiah jika anak sudah bisa hafal. Anak Anda akan terbiasa dalam hal itu, dan giat melakukannya.

3. Mendidik Anak dan Menghafalkan Rukun islam

Rukun Islam ada lima, dan wajib diketahui dan dihafalkan oleh anak mulai dini. Yaitu ada syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji. Anda bisa mengajarkan mulai usia empat tahun karena daya ingat anak mulai tertata rapi. Dan bisa mengamalkannnya ketika sudah hafal dan terbiasa.

4. Mendidik Anak Untuk Sering Bersedekah

Bersedekah juga cara yang harus ada dalam mendidik anak untuk berbuat ikhlas dan peduli terhadap sesama. Anda bisa memberikan uang, makanan, dan lainnya untuk kemudian diberikan ke anak sebagai bahan sedekah.

5. Mendidik Anak Dengan Suka Saling Membantu Sesama

Anak akan cenderung suka membantu terhadap sesama jika orang tua mengajarinya dari kecil. Sikap peduli terhadap sesama akan lebih bagus diterapkan mulai dari kecil. Sehingga anak akan menjadi aktif dan punya kepedulian sosial yang tinggi.

6 Mendidik Anak Dengan Selalu Bersifat Jujur

Sifat jujur akan terlatih jika dalam keluarga mempraktekkan sifat jujur sehari-hari. Karena dengan jujur anak akan lebih bisa mengontrol diri dengan baik dan tidak suka berbohong kepada siapapun. Latih sedikit demi sedikit agar anak bisa menjadi pribadi yang baik.

7. Mendidik Anak Dalam Menghafalkan Doa-doa

Untuk cara mendidik anak menurut Islam selanjutnya dengan mengajarkan anak dan menghafalkan doa-doa. Cukup simpel saja seperti doa sebelum tidur, doa sebelum makan, doa sebelum mandi dan sebagainnya. Sehingga setiap aktivitas anak akan diawali dengan berdoa.

8. Mendidik Anak Untuk Selalu Berprilaku Sopan

Berperilaku sopan juga sangatlah penting untuk anak, anak harus mengetahui tata cara dalam berperilaku yang baik. Dengan berbuat sopan terhadap siapapun akan membuat anak menjadi lebih baik dan terdidik. Anda sebagai orang tua harus bisa memberikan contoh terhadap anak.

9. Mendidik Anak Untuk Mengimani Enam Rukun Iman

Ada enam rukun iman yang wajib untuk diimani, baik untuk orang tua, anak dan seluruh umat Islam. Sehingga ini menjadi penting untuk diajarkan terhadap anak mulai dini. Rukun iman yang enam, yaitu iman kepada Allah, malaikat, kitab al-Qur’an, Rasul, Hari akhir dan qodo’ qodar.

10. Mendidik Andak Untuk Giat Dalam Mencari Ilmu

Sebagai orang tua yang baik, harus bisa menjadi penyemangat anak dalam mencari ilmu setiap harinya. Anak akan rajin belajar dan menuntut ilmu jika orang tua menjadi pendorong yang kuat. Karena dalam mencari ilmu wajib bagi seluruh umat manusia, sehingga anak harus tahu tentang hal ini.

11. Mendidik Anak Untuk Istiqomah Tadarus Al-Qur’an

Membaca al-Qur’an secara rutin memang harus dilakukan anak mulai dini untuk membantu dalam mendidik psikis anak. Karena dengan bacaan ayat suci al-Qur’an akan menjadi obat hati dan penyejuknya. Sehingga anak akan lebih nurut terhadap orang tua dan berakhlak mulia.

12. Mendidik Anak Untuk Menjaga Kebersihan

Sesuai dengan sebuah kata mutiara, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka mendidik anak untuk menjaga kebersihan juga merupakan anjuran dari Islam yang harus dijalankan. Karena selain penting untuk diri sendiri juga penting untuk lingkungan sekitar.

13. Mendidik Anak Untuk Menjalin Silaturahmi Yang Baik

Dalam persaudaraan maka diperlukan silaturahmi yang baik, dan saling mengasihi antara satu dengan yang lainnya. Anda harus menanamkan sejak dini dalam diri anak untuk menjalin silaturahmi yang baik kepada teman, saudara dan yang lainnya.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara mendidik anak dengan baik dan juga menurut Islam. Anak akan lebih suka jika semua kegiatan itu dipraktekkan langsung dari orang tua di rumah. Sebagaimana orang tua adalah panutan mereka dalam belajar mulai dari kecil hingga dewasa.

sumber : ruangkeluarga[dot]com

Pengumuman

Diterbitkan :
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDI Asshafa 2020-2021
Diterbitkan :
Pembukaan Pendaftaran Calon Siswa Baru 2020
Syarat Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020 Mendikbud Nadiem Makarim menerbitkan Permendikbud No 44/2019 tentang..
Diterbitkan :
Tasmi & Wisuda Tahfiz SDI Asshafa 2020
Alhamdulillah…Alhamdulillah….Alhamdulillah… Segala puji atas nikmat Iman, nikmat Islam serta nikmat sehat yang Allah SWT berikan..